Breaking News

Pesta Kampung Desa Kundi Bersatu pawai Arak arak ,Tari tradisional Pucak Acara Tradisi Suku jering.


Bangka Barat. Babel Jejak Kasus.id- Pesta Kampung adat kundi bersatu  kecamatan Simpang Teritip kabupaten Bangka Barat, acara yang diawali dengan arak-arakan  dan iring iringan kesenian tradisional , Minggu 3/09/2023 Acara tersebut berlangsung.

adat suku jering desa kundi menjadi pesona  nilai adat istiadat masyarakat degan melakukan tarian tradisional dan  seni pencak silat  menyambut tamu-tamu pejabat pemerintahan dan tokoh masyarakat didalam ritual teradisi yang sudah lama menjadi icon dan budaya yang di lakukan setiap kali perayaan pesta Kampung.
Dalam acar tersebut dihadiri langsung Bupati Bangka Barat yang sekaligus sebagai tamu kehormatan yang di arak dari ujung kampung kundi menuju balai desa Bukit terak tempatnya puncak acara pesta Kampung dilakukan, tak hanya orang nomor satu dibangka barat , Bambang Pati Jaya  sebagai Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia pun turut hadir  dalam acara tersebut dan kemudian wakil rakyat (DPRD) dan dinas periwisatapun  hadir di acar arak arakan pesta Kampung itu. 
Acar tersebut diiringi drum band anak anak kundi bersatu dan kelompok Semarang para ibu-ibu rebana , sunat kampung, khatam Al-Quran yang di arak arakan sebagai mengiringi mengiringi acara dalam pengantaran tamu ke pusatnya acara pesta Kampung balai Desa.

Ini menjadi nilai pesona budaya periwisata yang sudah menjadi teradisi masyarakat adat suku jering di Kabupaten Bangka Barat, pesta Kampung Kundi  bersatu ini memang sudah menjadi agenda setiap tahunnya yang di rayakan setia memasuki bulan September sehingga menjadi momentum nilai tradisional yang tinggi,                    

"Imbuh kepala Desa bukit terak Romlan.

Dan ini acar besar degan bayak nilai tradisinya yang sudah turun temurun dilakukan hingga saat ini cara pesta Kampung desa kundi bersatu yang diwariskan oleh para tokoh masyarakat kami

"Tambah ketua panitia pelaksana sana acara adat.
© Copyright 2022 - KRIMSUS